Pemasangan implant KB susuk gratis di kampung KB

Salah satu warga Kampung Catur Karya Buana Jaya menikmati layanan alat kontrasepsi gratis di PUSTU Kampung Catur Karya Buana Jaya ( dokumendesa.id foto by: Eni P )

Salah satu warga Kampung Catur Karya Buana Jaya menikmati layanan alat kontrasepsi gratis di PUSTU Kampung Catur Karya Buana Jaya ( dokumendesa.id foto by: Eni P )

caturkaryabuanajaya.desa.id | Kegiatan pencanangan kampung keluarga berencana ( KB ) di desa Catur Karya Buana Jaya Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Rabu 10 September 2018 dimanfaatkan oleh ibu ibu produktif untuk memasang alat kontrasepsi berbentuk susuk. Seperti yang dilakukan oleh ibu Suprihatin datang dari pagi ke Puskesmas Pembantu ( Pustu ) Kampung Catur Karya Buana Jaya untuk mendapatkan kesempatan mengganti KB susuk secara cuma – cuma. Ibu yang telah memliki dua anak ini mengaku memilih kontrasepsi KB ini karena penggunaan nya praktis dan tidak menyulitkan pengguna dengan masa berlaku cukup lama.

Antusias warga mengikuti implant susuk gratis ( dokumendesa.id foto by: Eni P )

Sebelum susuk implant KB dipasang, para peserta yang terdiri dari 20 orang diperiksa kesehatan nya terlebih dahulu. Seperti tanda – tanda fisik, tensi darah dan riwayat penyakit. Pemeriksaan kesehatan dan pemasangan susuk dilakukan oleh bidan Rika Florita, bidan Agustin dan bidan kurnia selaku bidan desa.

Susuk implant KB merupakan alat kontrasepsi berupa tabung plastik kecil dan fleksibel seukuran korek api yang mengandung levonorgestrel berbentuk tabung dengan cara dimasukkan dibawah kulit lengan kiri atas bagian dalam. dalam satu kali pemasangan implant KB bisa mencegah terjadinya kehamilan selam 3 sampai 5 tahun.

Kelebihan dan kekurangan KB susuk impalnt antara lain sebagai berikut:

Kelebihan

  1. Memiliki efektivitas tinggi
  2. Tidak mengganggu kegiatan bersenggama
  3.  Tidak mengganggu pengeluaran ASI
  4. Aseptor hanya perlu kembali ke klinik bila dirasa ada keluhan
  5. Pengembalian kesuburan yang cepat setelah pencabutan
  6. Tidak membutuhkan pemerksaan dalam
  7. Tidak mengandung zat aktuf yang beresiko ( bebas estrogen )
  8. Ekonomis dan mudah pemakaian hanya 1 X pasang, namun memiliki perlindungan 3 sampai 5 tahun

Kekurangan

  1. Implant tidak dapat digunakan sediri di rumah, harus dipasang dan diangkat oleh petugas kesehatan
  2. Ganguan pola haid
  3. Perubahan Berat badan
  4. Dapat menyebabkan nyeri kepala, pusing, pening, nyeri dan mual
  5. Timbul jerawat

Ibu Husni ( tengah ) PKB Banjar Margo beserta bapak kepala kampung dan bidan kampung menyukseskan acara pasang KB implan susuk di kampung Catur Karya Buana Jaya( dokumendesa.id foto by: Eni P )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan