Gerakan grebek stunting posyandu Rahayu kampung catur karya buana jaya

Petugas puskesmas dan bidan desa serta Kader posyandu selaku tim grebek stunting pos posyandu Rahayu kampung catur karya buana jaya ( dokumendesa.id )

Caturkaryabuanajaya.desa.id |  Senin 11 Agustus 2020 pos posyandu Rahayu melakukan grebek stunting karena Sebagian besar masyarakat mungkin belum mengetahui apa itu stunting. Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak yaitu tinggi badan anak lebih rendah dari standar usianya. Penyebabnya adalah karena kurangnya asupan gizi anak dalam jangka waktu lama.

Saat ini, pencegahan stunting  telah menjadi fokus pemerintah. Upaya tersebut bertujuan agar anak Indonesia berkembang secara optimal sehingga mampu bersaing di tingkat global.

Pengukuran tinggi badan dan berat badan secara serentak serta pemberian vitamin A dan obat cacing untuk balita ( dokumendesa.id )

Menurut penuturan salah satu bidan  desa di Kampung catur karya buana jaya, selain karena kurangnya asupan gizi, istilah stunting masih dianggap asing oleh masyarakat desa, sehingga pemahaman masyarakat mengenai stunting masih rendah. Masyarakat masih menganggap bahwa kondisi tubuh anak dipengaruhi oleh faktor genetik sehingga pertumbuhan anak kurang diperhatikan.

Adanya edukasi masyarakat sangat diperlukan sebagai salah satu upaya agar masyarakat lebih memahami stunting.

“Kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeriksaan kondisi fisik anak setiap bulan masih kurang. Masyarakat yang datang ke Posyandu hanya pada saat imunisasi dan memeriksa kehamilan.

Upaya pencegahan stunting pada 1000 hari pertama kehidupan ( dokumendesa.id )

Posyandu fokus pada pemahaman mengenai gizi, pola asuh, dan pengolahan pangan yang menjadi salah satu pengaruh terjadinya stunting. Sasaran dari Gerebek stunting yaitu Wanita Usia Subur (WUS), ibu hamil dan ibu balita.

“Stunting hanya dapat dicegah pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (1.000 HPK) sampai anak usia dua tahun. Oleh karena itu, perlu pemahaman masyarakat mengenai gizi dan pola asuh yang baik dan benar sebelum masa kehamilan sehingga dapat terhindar dari stunting,” ujar bidan desa.

Adanya Gerakan grebek stunting menjadi bukti kontribusi nyata kampung catur karya buana jaya untuk ikut berperan dalam mengatasi permasalahan masyarakat yang ada. Upaya pencegahan stunting perlu dilakukan oleh berbagai elemen, bukan hanya pemerintah.

Permasalahan ini tentu menjadi tugas kita semua untuk mengatasinya demi mewujudkan Indonesia yang lebih berkualitas dan mampu bersaing ditingkat global. Untuk itu, Ayo lindungi anak Indonesia dari stunting.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan