Musrembang ( musyawarah rencana membangun kampung )kampung catur karya buana jaya

Musrembang tahun anggaran 2021 yang dihadiri oleh bapak camat banjar margo ( dokumen desa.id )

 

Dalam Rangka Penyusunan RKPKam dan APBKam Tahun Anggaran 2021, Kampung catur karya buana Jaya Kecamatan Banjar Margo melaksanakan kegiatan Musyawarah dusun (MUSDUS). Musdus dilaksanakan di masing-masing Dusun, pada tanggal 7 Agustus  dilaksanakan Musdus di Dusun 1, Tanggal 8 Agustus Musdus dilaksanakan di Dusun 2, dan tanggal 9 Agustus  Musdus dilaksanakan di Dusun 3 dan 4.

Tujuan dari Musdus yaitu mengidentifikasi potensi dan permasalahan di lingkungan masing masing dusun, yang mencakup bidang sosial budaya, ekonomi produktif warga dan sarana prasarana fisik lingkungan,  jalan produksi. berikut alternatif solosi atau pemecahan masalah musdus juga dilaksanakan dengan tujuan mengenali potensi dan peluang pendayagunaan sumber daya desa serta masalah yang dihadapi di desa.

Dari hasil penggalian gagasan menjadi dasar dalam merumuskan usulan rencana kegiatan yang meliputi Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Diharapkan musdus dapat menampung  semua  aspirasi warga kemudian  diserap dan hasil dalam musdus tersebut akan di rekap oleh Tim Sembilan penyusun RKPDes dan APBKam Tahun Anggaran 2021 dan diajukan kepada Badan Permusyawaratan Kampung (BKP) dan Pemerintah Desa kemudian menetapkan usulan Prioritas Pembangunan yang akan menjadi bahan masukan dalam Pelaksanaan forum Musrembang

BPK LPM LINMAS Karang Taruna PKK Ketua RK dan RT Bidan Desa Kader Posyandu serta tokoh masyarakat mengikuti jalanya musrembang tahun anggaran 2021 ( dokumendesa.id )

Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa meliputi: kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tupoksi pemerintahan desa seperti (Operasional Pemerintah Desa, penyusunan tata ruang Desa, penyelenggaraaan perencanaan desa, kerjasama antar desa, dll.), Bidang Pembangunan Desa meliputi : Pembangunan dan Pemanfaatan Infrastruktur desa, pemeliharaan sarana prasarana kesehatan, pelayanan kesehatan, pembangunan dan pemanfaatan sarana prasaran pendidikan, dll. Bidang pembinaan Masayarakat Desa meliputi : pembinaan lembaga, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban desa, dll. Bidang pemberdayaan masyarakat Desa Meliputi: Pelatihan-pelatihan maupun penyuluhan yang melibatkan masyarakat di desa.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan