Penanggulangan stunting dengan pemberian susu formula untuk balita dan ibu hamil

Pemberian susu formula untuk balita untuk menanggulangi stunting (dokumendesa.id)

caturkaryabuanajaya.desa.id| Masalah nyata pada stunting bukanlah badan yang pendek, tetapi pengaruhnya terhadap kemampuan otak. Stunting, sebagaimana didefinisikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak-anak akibat dari gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Seorang anak dianggap kerdil jika tinggi badannya berada 2 standar deviasi di bawah median Standar Pertumbuhan Anak WHO.

Berbagai penelitian menemukan bahwa kekurangan gizi dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)– mulai saat kehamilan hingga anak berusia dua tahun – mengganggu perkembangan otak yang efeknya tidak bisa diperbaiki. Otak anak-anak yang stunting tidak berkembang dengan baik dan gangguan kognitif akan terlihat bila otak anak dipindai. Tidak mengherankan bila anak-anak stunting menderita ketidakmampuan belajar dan lebih cenderung putus sekolah.

Akibat stunting berasa langsung sekaligus seumur hidup. Selain mengalami penurunan fungsi kognitif dan keterlambatan perkembangan motorik, anak-anak yang stunting berisiko mengalami lebih banyak masalah kesehatan di masa dewasa, dan perempuan yang stunting akan melahirkan bayi yang lebih kecil, seringkali melanggengkan lingkaran setan kemiskinan.

Oleh karenanya pemerintah kampung Catur Karya Buana Jaya bersama bidan desa dan kader KPM memberikan bantuan berupa susu untuk balita dan ibu hamil. Dengan sasaran balita sebanyak 22 balita dan 8 ibu hamil, kegiatan itu dilakukan pada hari Selasa 24 Agustus 2021.

Penanganan pencegahan stunting untuk ibu hamil (dokumendesa.id)

Sumber pendanaan untuk penanganan stunting ini berasal dari dana desa tahun anggaran 2021, bemberian bantuan susu ini akan diberikan secara bertahap. Diharapkan dengan adanya program ini kampung Catur Karya Buana Jaya terbebas dari stunting.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan